Breaking News
Loading...
Sunday, November 15, 2015

Waspada Apabila Usia Melebihi 40 Tahun

5:18 PM

Waspada Apabila Usia Melebihi 40 Tahun

Dalam al-Quran Alloh menyinggung tentang usia ini. Tentu ada yang sangat penting, perlu diperhatikan dan diambil serius akan perkara ini. 
Alloh swt. berfirman:

حَتَّى إَذَا بَلَغَ أَشُدَّه وَبَلَغَ أَرْبَعِيْنَ سَنَةً قَالَ رَبِّ أَوْزِعْنِى أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِى أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَل َصَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِى فِى ذُرِّيَّتِى إِنِّى تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّى مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

“Apabila dia telah dewasa dan usianya sampai empat puluh tahun, ia berdoa, “Ya Tuhanku, tunjukkanlah aku jalan untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan agar aku dapat berbuat amal sholeh yang engkau ridhoi, berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada-MU dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang muslim.” 
(al-Ahqaf: 15)

Usia 40 tahun disebut dengan jelas dalam ayat ini. 
Pada usia inilah manusia mencapai puncak kehidupannya baik dari segi fisikal, intelektual, emosi, maupun spiritualnya. Benar-benar telah meninggalkan usia mudanya dan melangkah ke usia dewasa yang sebenarnya.

Doa yang terdapat dalam ayat tersebut dianjurkan untuk dibaca oleh mereka yang berusia 40 tahun dan ke atas. 
Di dalamnya terkandung penguraian yang jelas bahwa mereka telah menerima nikmat yang sempurna, kecenderungan untuk beramal yang positif, telah mempunyai keluarga yang harmoni, kecenderungan untuk bertaubat dan kembali kepada Alloh swt.

Menurut Ibn Katsir, ayat ini memberikan petunjuk bahwa manusia apabila menjelang usia 40 tahun hendaklah memperbaharui taubat dan kembali kepada Alloh dengan bersungguh2.

قال ابن كثير في قوله تعالى
:}وَبَلَغَ أَرْبَعِينَ سَنَةً{ أي تناهى عقله وكمل فهمه وحلمه ويُقال إنه لا يتغير غالبا عما يكون عليه ابن الأربعين.

Di katakan bahwa : 
Pada umumnya ketika seseorang sudah mencapai umur 40 th maka ia tidak akan berubah lagi dari apa telah ia capai dan ia perbuat,
Jika baik akan tetap baik jika buruk akan tetap buruk hingga akhir hayat.

اللهم اغفر لنا وارحمنا والطف بنا..

Robbana Taqobbal Minna.
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

Semoga Bermanfaat
😊❤👍

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer